Simbol Setan

Setan itu simbol keingintahuan, pemberontakan dan kehausan akan pengetahuan. Seperti kisah Adam dan Hawa, seandainya Adam dan Hawa tidak tergoda setan untuk “ingin tahu” dan makan buah “pengetahuan”, selamanya manusia cuma jadi budak yang cuma bisa patuh dan taat pada (para pengendali) Tuhan. Tidak bakalan berkembang. Selamanya nyaman dalam surga ketidaktahuan.

Untung setan rela berkorban, dimurkai dan dijanjikan neraka yang kekal abadi demi menggoda manusia dengan pengetahuan – Guhpraset.

Masih menyoal perihal sok tahu ini dan ini, barangkali ini sekedar tambahan saja, mungkin ini juga sebuah pembelajaran bagi saya. Kebetulan saya memang mencontek esensi tulisan di atas. Ya, persis seperti setan, ke-ingintahu-an itu membuat kita manusia selalu tergoda untuk menuruti hawa nafsu (pengetahuan). Dan setan pula lah yang menyebabkan kita ini menjadi manusia terlepas baik atau tidak manusia sendiri. Ketika berada di peradaban yang serba monitor dan telepon cerdas ini kita sudah selalu dijejali beragam kabar dari media sosial yang selalu recent update barangkali. Berfikir bahwa internet sudah seperti sumber pengetahuan yang serba tahu. Seperti media sosial saja yang boleh jadi membuat apa yang bukan “kita” menjadi bagian diri dan dianggap sebagai sumber kebenaran, yang merasa tahu banyak tentang semua hal yang coba kita paksakan masuk ke tenggorakan sendiri. Menggiring otak kita hanya untuk sekedar tahu tanpa memahami segala sesuatu yang sejatinya sedang terjadi. Membuat anggapan bahwa tidak mungkin seseorang dapat merasa bersikap benar jika mereka menentang penilaian media sosial yang lebih baik. Seperti percaya bahwa yang membedakan benar dan salah adalah linimasa sosial media, bukan lagi akal manusia. Ya, barangkali ini saya akhirnya memilih untuk bersikap tidak benar.

Advertisements
3 comments
  1. media massa sekarang ini menjadi alat yang ampuh untuk membentuk opini publik … memang perlu selektif dalam memanfaatkannya …

  2. Pandai-pandai menyaring dari apa yang kita lihat dan dengar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: