Mukip Israeli dan Koran Arab

Alkisah cerita ini mengambil setting di sebuah angkringan cabang Starbucks, saat seorang yahudi (namanya Mukip, namanya disamarkan) sedang duduk manis sembari iseng baca-baca koran terbitan Arab.

Salah seorang temannya yang juga seorang yahudi (kalo ini Luyo, samaran juga), kebetulan memang biasa ngopi disana, tiba-tiba saja gak sengaja curi-curi pandang

mengawasi tingkah Mukip dengan tatapan manja.

“Wah, ono seng ra beres.. “, celetuk Luyo samar-samar merasa janggal barangkali.

Sangat terangsang karena kepo berlebih, lalu si Luyo ini datang menghampiri Mukip, dengan nada anarkis ” Wah, wes sedeng a awakmu Kip? Laopo moco koran Arab barang.. ”

“Wah, kon Yo., teko-teko nyangkem ae koyok sales rambak, ” mungkin Mukip ini sedikit sensitif.

“Oo, onde-onde..”, balas Luyo ingin membela.

“Wes meneng ababmu apek”, balas Mukip meminta Luyo diam,

Tidak lama Mukip mulai angkat suara  dengan nada curhat, “Iki lho nam (trivia: nam itu sapaan persaudaraan sama kayak bro tapi sedikit macho, diambil dari kata kunam, tapi jangan dibalik), aku iki jan wes mbelenger dipakani karo koran lokal seng isine, wong yahudi iki ket biyen mesti disikso lah, ,digudo lah, diserang lah, sing ono iku pisan isu ngilangno ras kaum yahudi lewat asimilasi kambek kawin campuran model campursari lah, wes intine Yahudi iki uripe jan melarat ra modal.. Kepiye kape gak depresi aku nam.. Nah berhubung awakku iki areke intelek, gak gur mek plonga-plongo koyok modelmu, dadi iseng aku nam mau subuh tumbas koran Arab nang kantine Bek Rum sebelah,.. “,

Masih dalam keadaan serius, sambil berkoran dan si Luyo setia memperhatikan.. “Lah, iki lho nam, nang koran Arab beritane Yahudi iki malah sugih sak dunyo lho nam, bank’e wong yahudi wes nandi-nandi, wong-wong Yahudi podo-podo melok ngontrol media, koyok iku lho kowe ngerti febsuke pe’e Zuckenberg yo nah iku wes, terus malahan jare kabeh wong Yahudi iku sugih lan pinter-pinter, terus wong yahudi iki beritane jare seng nguasai sak dunyo pokoke wes koyok power renjes ae. Lah beritane malah luwih apik iki nam”..

Sekian

—–

Note : saya translate asal-asalan dari “A hilarious joke from r/Israel”

Advertisements
16 comments
  1. uni said:

    hehe, ada ya orang yahudi pake bahasa jawa šŸ™‚

    • haha iya mbak jarang2 yahudi njawani.. šŸ™‚

    • Ely Meyer said:

      iya aku jg baru tahu

      • hehe baru tau apanya mbak el.. šŸ™‚

  2. 9ethuk said:

    Sebagian besar berita dan buku yang beredar lebih mengedepankan penderitaan yahudi, tapi kalau yang pernah membaca buku yang gak pada umumnya akan lebih terbuka pandangan secara lebih objective dan factual. Pernah baca buku “Uang masa kini dan masa depan dunia?” keren buku itu

    • ya mas, begitu besar peran media dalam membentuk opini publik, padahal sebenarnya konflik israel-palestin ini bukan semata konflik teologis, lebih seperti soal masalah tanah, dan kabar yang kemarin cukup menarik adalah pernyataan dari dubes palestina untuk Indonesia, bahwa 50% persen penduduk palestina itu adalah yahudi, bukan muslim atau nasrani yang selama ini dikenal, jadi heran sendiri kenapa kok banyak orang yang berseru Allahu Akbar.

      wah belum mas, kayaknya asik, ya mas coba nanti saya cari resensinya di Internet šŸ™‚

      • 9ethuk said:

        Siips….!

  3. jenkna said:

    kok jadi inget klo lagi nonton JTV trus filmya didubbing pake bahasa suroboyoan ya hehehehe..meskipun aku dari tanah ngapak, gak mudeng dikit2 nih šŸ™‚

    • Wah iya mbak, kalo JTV rusak dubbingnya gak karukaruan, kasar hahahaha ya dimudeng-mudengi bae lah mbak :p

      • jenkna said:

        tadi itu salah pencet, naksudku bukan gak tapi agak..yang sama artinya dengan mudeng rek xixixixi

  4. Wah..mas… aku orang Bali in ra mudeng sama tulisannya Mas.. tapi ya..tak ngerti-ngertiin ajalah kira-kira.. toh sebagian besar ada mirip-miripnya juga dengan bahasa Bali he he.

    Tapi memang menarik sekali ya, orang itu mendapatkan pemahamannya tergantung dari sumber informasi yang mem”brainwash” otaknya. Semoga keseimbangan pemberitaan selalu terjadi..

    • wah iya mbak emang ada beberapa yang mirip, bude saya asli bali soalnya hehe

      beda sumber kadang bisa beda sudut pandang, jadinya satu isu saja bisa jadi multitafsir, ya semacam pro dan kontra ya kira2 begitulah, ya semoga tetap seimbang mbak šŸ™‚

  5. Mukip seng endi iki..? seng dodol dawet neng argopuro iku to?, nek tenanan seng iku, wong e pancen rodo sableng, seng ngeselno bojone si mukip iku ayu loh mas, ngiri awak e dewe ndelok e

    • wah uduk mas, iki mukip seng tukang dodol cilot tapi be’e ancen podo sablenge pisan mas, rupo bedes bojone telu kinyis-kinyis šŸ˜€

  6. Hahahaha.. Memang ya, buku-buku yang beredar kebanyakan ceritanya tentang penderitaan Yahudi, padahal mereka yang sekarang ini membuat banyak orang dan pihak menderita

    • hehe semacam konspirasi fremason di risalah metro kemarin barangkali mas hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: