Kewarasan Kapsul Kecil Hitam

Gak tau ada apa dengan lagu ini, kalau malam-malam gak jelas suka aja kedengerinnya. Mendadak murung tiba-tiba, cemas menyeruak begitu saja, seperti absurd memikirkan sesuatu yang tak jelas muaranya. Tanpa merasa seperti sebuah perasaan yang galau atau disonan, tapi lebih seperti sebuah perenungan. Mendengar pembawaan yang begitu lirih, lagu ini liriknya juga memang agak satir dan kriptik, samar-samar sekali. #nomention–tidak begitu jelas lagu ini ditujukan untuk siapa.

Karena lagu ini juga memang terkesan elusif, mungkin tafsiran

saya bisa saja salah, memang sulit memahami pesan yang sesungguhnya ingin dicurahkan si penulis. Bisa jadi barangkali sepenggal lirik seperti “operator please”– ini meng-analogi-kan sesuatu dengan apa yang kita sebut dengan Tuhan. Atau kata-kata “little black submarines” yang bisa berarti kapsul kecil seperti merunut pada obat-obatan jenis black beauties yang populer di era 60′ dan 70′, lalu pada “that a broken heart is blind”– ini menjadi sebuah bagian klimaks dari keseluruhan isi lagu.

Ya kesimpulanya secara kasar lagu ini sedikit banyak bercerita tentang salah satu perilaku mentalitas seorang korban overdosis obat-obatan atau boleh jadi seseorang yang benar-benar tersesat, sakaw dalam kecanduan mereka sendiri, yang terkadang secara teknis mereka dalam keadaan sadar dan ditengah sedikit kesadarannya, mereka mendadak berubah menjadi sok religius. Ya mendadak sok religius, mengingatkan saya dengan sekumpulan remaja yang suka mabuk dan dalam keadaan dibawah pengaruh alkohol mereka pernah menjadi begitu agamis, sadar betul sudah berbuat dosa.

Disini saya tidak hendak menjustifikasi kekonyolan langkah yang ditempuh seseorang untuk bisa menjadi begitu spiritual. Karena saya juga berfikir, dalam keadaan begini adanya saja, kadang saya belum benar-benar merasa dekat dengan Tuhan. Segala macam syariat dan ibadah juga sudah saya jalankan, apa perlu saya zina dulu sesudahnya saya akan merasa bahwa itu dosa dan otomatis ingat Tuhan atau paling tidak maling aja lah takut kalo zina terlalu hina. Ya kadang persepsi ini terlintas begitu saja saat ibadah yang saya lakukan ini seperti sia-sia. Seorang kerabat bapak juga pernah berkata kurang lebih begini, Allah itu kadang memang sengaja menjerumuskan kita dalam belenggu dosa agar supaya kita senantiasa mengingat-Nya. Kata-kata itu sangat berbekas, membuat saya berfikir kembali, untuk apa salat saya selama ini, apakah saya sudah benar-benar salat?– salat menurut saya sekedar kewajiban untuk memenuhi syariat islam, bukan serta merta untuk batin ini menghadap Sang Rabb.

Lalu apakah artinya melakukan perbuatan dosa dengan sengaja itu dibenarkan? Karena saya sedikit sependapat kalo nggak melakukan dosa dulu mana mungkin kita bisa berlaku benar, dalam artian benar karena Allah. Mungkin berbuat dosa itu sendiri dapat menjadi indikasi sampai dimana batas ke-iman-an seseorang, sampai level dosa yang bagaimana kita benar-benar sadar bahwa kita akhirnya manusia lemah yang takut kepada Allah SWT. Tapi bukankah Tuhan tidak juga menghendaki manusia berbuat dosa? Bukankkah neraka sudah menjadi jaminan bagi semua pendosa? Apa benar begitu? Mana yang benar, saya kembali ragu. Ini seperti sebuah ketidakmengertian, dipaksa untuk menjadi bijaksana dalam kebodohan, kewarasan dalam kegilaan. Wallahu A’lam.

7 comments
    • hehe mirip-mirip stairway nya led zeppelin ya ๐Ÿ™‚
      makasih uda mampir, salam kenal

  1. Ely Meyer said:

    dengar dulu ah lagunya ๐Ÿ˜›

  2. Ely Meyer said:

    sayang nggak bisa kebuka dr kompiku ๐Ÿ˜ฆ

  3. wah masak sih mbak, wah iya tar ta liate lagi mbak, ini online pake hp soale hehe

Leave a Reply

