Horrorisme Si Changcut, Uniknya Band Inggris Yang Meniru Band Orang Indonesia

Disklaimer : Info ini memang info repost dari repost-repost yang udah sering repost, sebetulnya udah lama juga sik, ya mudah-mudahan udah basi 🙂




Serius, The Changcuters itu suci, tapi band ini dulu juga pernah dihujat atas plagiarisme lagu-lagu mereka; seperti I Love U Bibeh yang mirip-mirip Honky Tonk nya Rolling Stone sampai lagu Hijrah ke London yang konon mirip Boys Don’t Cry nya ala The Cure. Indonesia memang masih fakir originalitas bung, giliran ada konsep keren tampil kompak biar dikira beda, orisinil, kreatif dan punya ciri khas, ternyata hasil plagiat juga, bangga lah. The Changcuters itu rendah hati dan tidak sombong, mereka selalu menolak disebut plagiat, dengan besar hati mereka berdalih bahwa itu karena terinspirasi, yang konotasinya bisa berarti meminjam, menyontek, atau mencuri; ya kadang itu menjadi rahasia mereka lah entah sedikit atau banyak memang ada beberapa bagian yang mereka pinjam dari lagu-lagu orang lain, tanpa wajib kita ketahui, entah itu The Cure, Blur, atau Hijau Daun. The Changcuters itu cerdas, jenius sekali mencampur aduk ide-ide yang sudah lebih dulu ada menjadi tampak begitu orisinil, seolah-olah itu memang orisinil versi gaya mereka, ya orisinil yang dibuat-buat. The Changcuters itu juru selamat, Mereka memberi donasi besar warna-warni rock n roll di bilantika musik Indonesia, sebelum dulu kalah tenar dengan era kangen band. The Changcuters itu konsisten yang inkonsisten, gaya mereka berganti secara berkala; ya berganti-ganti secara (berkala) konsisten. Mereka juga pernah mengakui bahwa fashion mereka itu mengalir begitu saja mengikuti lagu-lagu mereka. The Changcuters itu.. Ah, saya sebenarnya tak ada niatan untuk ikut-ikut menyinyir band ini bung, takut malah dicela balik he he he. Saya suka lah aksi kompak heroik rock n roll mereka kalo lagi pamer di atas panggung, belum lagi penjiwaan gitar bang Qibil; tak apa biar saya dikata munak. mereka aslinya memang keren, kreatif lah. The Changcuters itu “kreatif” meskipun sebenarnya “gak kreatif”. Gak papa kok sebelum nyonteknya belum parah-parah amat 🙂

Disklamer [lagi] : The Changcuters itu.. Bukan ding itu The Horrors, The Horrors yang ngejiplak The Changcut; wong historis usia kedua band ini cuma beda satu tahun kok, pasti The Horrors yang ngejiplak, ya kan? iya kan ya, iya aja lah.. The Changcut itu tahun 2005 kalo The Horrors tahun 2006, tapi kontras secara musikalitas, band asal Essex, UK ini mengusung musik jenis goth rock, garage rock, shoegazing and post-punk. The Horrors ini juga doyan tampil urakan tapi bukan metal], mereka main di panggung-panggung festival dengan gaya urakan vokalis yang kayak kesurupan, sebuah aksi nyeleneh, bengal, gak waras, edan, konyol tapi menghibur, udah gitu aja..

Note : Saya lupa link videonya yang pas kesurupan, kalau sempat saya update lagi 🙂

Advertisements
10 comments
  1. Setau saya, dari awal kemunculannya…The Horrors udah bergaya rambut seperti itu. Sedangkan The Changcuters baru 2009. Makanya saya sempat kaget waktu liat mereka (TC) rambutnya seperti The Horrors. CMIIW.

    • Wah terima kasih mas koreksinya 🙂
      Iya mas, sama2 kaget juga pas dikasih tau temen, gaya rambut sama jin ketatnya sama-sama mirip.. Hehe

  2. eh bukan mas ya? maaf mbak hehe 😀

  3. vika said:

    waww. niru band indonesia

    • tetap the changcut mas hehe gayanya gak konsisten soalnya..

  4. Saya dulu kenal changcuter bukan karena lagunya atau tampilan masing-masing personilnya, tapi karena film pertamanya yg kocak abiss..

    • Filippo Arjun Indraprasta said:

      Download filmnya dimana
      .kasih link nya donk..terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: